Friday, November 26, 2010

Terapi Ikan "Lokal"

Hai Readers,
Fenomena ikan garra rufa alias si ikan dokter memang sudah melanglang buana. Kehebohan ikan ini terutama karena ikan ini konon mampu menyembuhkan. Sehingga banyak sekali orang yang percaya bahwa ikan ini dapat menyembuhkan segala mcam penyakit. Fenomena ini akhirnya dimanfaatkan banyak orang untuk membuka usaha terapi ikan (Fish Spa). Terapi ikan memang cukup banyak menarik peminat, banyak sekali orang yang penasaran dan ingin mencoba rasanya di "terapi" oleh ikan dokter ini. Namun, rupanya tidak semua orang dapat mencobanya, hal ini dikarenakan harga untuk pengobatan sang "dokter kecil" ini rupanya sangat mahal, 1 jam perawatan anda harus merogoh kocek minimal Rp. 80.000, mahal? ya wajar saja karena sang dokter didatangkan langsung dari luar negeri alias impor.



Bahkan apabila ingin memelihara ikan ini, harga yang ditawarkan untuk 1 ekor ikan adalah $1. Jadi berapa anda harus membayar untuk bisa mendapatkan 1 kolam penuh dengan ikan dokter ini? dengan asumsi 1 kolam harus membutuhkan +/- 1000 ekor ikan? 

Namun, akhirnya saya atau mungkin anda bertanya, apakah dari sekian juta spesies ikan yang hidup di Indonesia, tidak ada ikan yang mampu mengobati seperti ikan Garra Rufa?Apakah dari sekian luasnya sungai dan lautan di Indonesia, tidak ada ikan yang seperti ini?sehingga hanya untuk terapi ikan saja kita harus mendatangkan ikan impor yang sangat mahal?

oke..oke..dari sekian banyak pertanyaan itu, saya jawab "ADA". ya, di Indonesia hidup ikan seperti itu. Anda tidak percaya? baca artikel saya di bawah ini.

Perhatikan gambar tersebut, apabila anda menganggap saya sedang terapi ikan dengan gurra rufa, anda salah besar!!

Dalam gambar tersebut saya sedang terapi spa ikan dengan ikan nilem (osteochilus hasselti val. ). Ikan tersebut adalah ikan asli Indonesia. Ikan tersebut adalah ikan endemik asal Indonesia yang memiliki perilaku sama dengan Gurra rufa, sama-sama akan mengerumuni kaki/ badan anda yang dimasukkan ke kolam ikan tersebut.

Perbandingan

Sekarang mari saya bandingkan gambar Gurra rufa dengan ikan nilem ini :

                                                   ini adalah gambar salah satu jenis garra rufa


                                                 Ini adalah gambar salah satu jenis ikan nilem

 Perbedaan bentuk tubuh keduanya memang sangat terlihat sekali, wajar saja karena memang keduanya berasal dari family yang berbeda.

Jadi apa keuntungan memelihara ikan nilem daripada ikan garra rufa?
  1. Ikan nilem dapat anda dapatkan dengan harga jauh lebih murah, dengan harga Rp. 300 / ekor, anda sudah dapat memelihara ikan ini. Jadi, dengan asumsi 1 kolam = 1000 ekor, maka dengan memelihara ikan ini anda dapat menikmati nikmatnya terapi ikan hanya dengan merogoh kocek Rp. 300.000 saja. Bandingkan dengan ikan garra rufa yang harga 1 ekor nya saja mencapai $1.
  2. Ikan nilem berasal dari Indonesia yang secara suhu dan cuaca tentu tidak perlu beradaptasi lagi dengan lingkungan, bahkan jika anda ingin membuat kolam terapi outdoor pun tidak menjadi masalah bagi ikan ini. Bandingkan dengan si ikan impor ini, yang tentunya kita harus repot-repot selalu menyesuaikan suhu dengan suhu di negara asalnya.
  3. Ikan Nilem adalah ikan asli Indonesia, jadi dengan memelihara ikan ini, anda sudah turut berbangga menjadi Warga Indonesia. Dan ikut melestarikan hewan asli Indonesia.
Mari kita lestarikan hewan asli Indonesia!! Negara kita adalah negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, kalau ada di dalam negeri, ngapain impor dari luar negeri???

3 comments:

  1. Dimana saya bisa membeli ikan nilem???

    ReplyDelete
  2. Di Kuningan, Jawa Barat Gan. Kalo minat bisa saya sediakan. :)

    ReplyDelete
  3. SOLUSI YANG TEPAT JANGAN BERPUTUS ASAH SETIAP MASALAH ADA PENYELESAIANYA AKI DARWO AKAN BANTU DGN ANKA GOIB/RITUAL....2D 3D 4D/SGP.../HKG/ TOTO MAGNUM/ MALAYSIA/ D JAMIN 100 JEBOL HUB DI NMR 085 -325-291-999....INSA ALLAH KI DARWO AKAN BANTU MKSH ROOM.X SOBAT...



    SOLUSI YANG TEPAT JANGAN BERPUTUS ASAH SETIAP MASALAH ADA PENYELESAIANYA AKI DARWO AKAN BANTU DGN ANKA GOIB/RITUAL....2D 3D 4D/SGP.../HKG/ TOTO MAGNUM/ MALAYSIA/ D JAMIN 100 JEBOL HUB DI NMR 085 -325-291-999....INSA ALLAH KI DARWO AKAN BANTU MKSH ROOM.X SOBAT...

    ReplyDelete